Mencoba Resep Mie Goreng Jawa Sederhana dan Lezat

Resep Mie Goreng Jawa Sederhana dan Lezat
Resep Mie Goreng Jawa Sederhana dan Lezat
Salah satu faktor penyebab masakan Indonesia digemari oleh banyak orang adalah adanya rempah-rempah kuat di dalam masakannya. Jalan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki ragam makanan yang banyak disukai oleh banyak orang. Salah satu masakan jawa yang memiliki banyak penggemar adalah mie goreng jawa.

Anda tentu sudah tidak asing dengan mie goreng jawa yang satu ini karena banyak dijual di rumah makan. Memiliki citarasa yang gurih tentu sangat cocok untuk lidah masyarakat Indonesia. Bagi anda pecinta makanan mie maka sepertinya wajib mencoba mie Jawa goreng yang satu ini.

Cara Memasak Mie Goreng Jawa

Untuk bisa menikmati mie goreng jawa ini, Anda tidak perlu pergi ke rumah makan. Anda bisa memasaknya sendiri di rumah dengan resep membuat mie goreng jawa sederhana berikut ini. Resep makanan khas jawa ini tergolong cukup mudah untuk diaplikasikan. Bagi Anda yang terbiasa memasak sendiri mungkin tidak akan kesulitan.
Resep Mie Goreng Jawa Sederhana dan Lezat
Resep Mie Goreng Jawa Sederhana
Akan tetapi bagi Anda yang baru mulai memasak mie goreng, anda pun tidak perlu khawatir akan kegagalan saat membuatnya. Hal ini karena resep mie goreng jawa ini cukup mudah untuk siapapun. Berikut ini bumbu-bumbu yang harus disiapkan untuk mie goreng jawa.

Bumbu-bumbu Mie Goreng Jawa

  1. Mie telur kering sebanyak 1 bungkus
  2. Udang galah yang telah dikupas cangkangnya sebanyak 100 gram atau sesuai selera Jika anda ingin menggunakan udang. 
  3. Daun seledri yang telah di iris halus sebanyak 3 Batang
  4. Daun bawang yang sudah diiris sebanyak 1 batang
  5. Kecap manis
  6. Telur sebanyak 1 butir
  7. Daun sawi
  8. Minyak goreng dan Bawang Merah

Bumbu yang dihaluskan

  1. Bawang merah 4 siung
  2. Bawang putih 3 
  3. Kemiri utuh 3 butir telah disangrai
  4. Merica 14 butir
  5. Garam 1 sdt

Cara Membuat Mie Goreng Jawa


  • Terlebih dahulu Anda bisa menyiapkan panci yang digunakan untuk merebus air. Jika air setelah mendidih maka anda bisa memasukkan mie telur hingga matang. Jika telah matang Anda bisa menuliskannya terlebih dahulu dan sisihkan. 
  • Mie yang telah dimasak tadi kemudian dibaluri dengan satu sendok makan minyak goreng hingga merata. Sisihkan terlebih dahulu. 
  • Kemudian kamu bisa menyiapkan bumbu-bumbu yang dihaluskan seperti bawang merah, bawang putih kemiri merica dan garam. 
  • Siapkan wajan yang berisi 2 sendok makan minyak goreng untuk dipanaskan terlebih dahulu. Jika dirasa sudah panas Anda bisa memasukkan bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. 
  • Aduk bumbu halus tersebut hingga merata dan mengeluarkan aroma sedap. Jika telah mengeluarkan aroma sedap seperti itu maka Anda bisa menambahkan telur dan aduk merata hingga telur terlihat matang. 
  • Selanjutnya Anda bisa memasukkan udang galah yang telah dikupas bersih sebelumnya. Aduh kembali hingga bumbu merata dan dilanjutkan dengan memasukkan sawi. Aduh kembali hingga sawi layu dan merata bersama bumbu. 
  • Ambil mie yang telah direbus dan dipenuhi oleh minyak goreng sebelumnya. Masukkan ke dalam wajan yang telah berisi bumbu. Aduk hingga merata bersama bumbu. Aduk-aduk hingga bumbu benar-benar meresap kedalam mie. 
  • Tambahkan kecap manis sesuai selera agar rasanya lebih nikmat dan aduk kembali mie hingga agak mengering dan matang. 
  • Jika dirasa sudah matang Anda bisa mengangkat Mie dan menyajikannya di atas piring saat keadaan masih panas. Santap bersama keluarga anda. 

Tips membuat resep mie goreng jawa diatas tentu akan sangat nikmat dan enak rasanya. Makanan bercitarasa tradisional Jawa ini memiliki resep yang sangat mudah bukan? Selain mie goreng ada juga resep nusantara yang gak kalah lezat yups apa lagi kalau bukan pasangan dari mie goreng yaitu Resep Nasi Goreng Sederhana Sajian Untuk Rumah.Yuk jangan sampai lupa disimpan ya resepnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mencoba Resep Mie Goreng Jawa Sederhana dan Lezat"

Post a Comment