Resep Cara Membuat Cumi Asam Manis Menggugah Selera

Resep Cara Membuat Cumi Asam Manis Menggugah Selera
Resep Cumi Asam Manis yang Lezat
Dikelilingi oleh banyak lautan menjadikan Negara Indonesia kaya akan biota laut yang berlimpah ruah. Bagian lautan Indonesia sendiri menjadi rumah bagi hampir sebagian spesies lautan di seluruh dunia. Bahkan beberapa biota laut hanya bisa ditemukan di Indonesia saja. Tentang hal ini menjadi kebanggaan tersendiri untuk masyarakat.

Hal inilah yang juga membuat penggemar makanan laut di Indonesia banyak salah satu salah satu jenis makanan laut yang paling banyak memiliki penggemar adalah cumi. Cumi sendiri memiliki tekstur daging yang kenyal serta mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk tubuh.

Kandungan Pada Cumi

Tidak bisa dipungkiri apabila seafood yang satu ini menjadi sumber protein yang cukup tinggi yang dibutuhkan untuk tubuh seseorang. Protein sendiri berguna untuk tumbuh kembang ataupun menjaga kesehatan tulang seseorang. Tidak hanya mengandung protein yang tinggi, cumi-cumi mengandung berbagai vitamin yang penting untuk tubuh zat besi asam amino esensial dan omega 3. Dengan kandungan herbal tersebut maka anda bisa memasukkan suami ke dalam daftar menu makanan anda.

Resep Cumi Asam Manis yang Lezat
Resep Cumi Asam Manis yang Lezat
Ada banyak kreasi untuk mengolah cumi menjadi makanan yang lezat. Salah satu resep yang cukup populer adalah cumi tepung yang siap memanjakan lidah anda. Akan tetapi apabila anda bosan dengan resep sungai tersebut maka anda bisa mencoba memasak cumi dengan resep cumi asam manis. Resep cumi asam manis ini akan memberikan cita rasa masakan khas Indonesia yang kaya akan rempah-rempah sehingga siap menggoyang lidah anda. Berikut ini resep membuat cumi asam manis yang bisa Anda buat dan kreasikan di rumah.

Resep Cumi Asam Manis yang Lezat

Bahan-Bahan Cumi Asam Manis
1. Cumi segar berukuran sedang sebanyak 1 kg
2. Daun bawang sebanyak 2 Batang
3. Jeruk nipis sebanyak 2 buah
4. Air secukupnya
5. Minyak goreng
6. Kecap manis

Bumbu Halus
1. Bawang putih 5 siung
2. Bawang merah 9 siung
3. Paprika merah 1 buah
4. Bawang bombay 1
5. Daun jeruk 5 lembar
6. Jahe digeprek 5 cm
7. Tepung Maizena 1 sdm
8. Asam jawa 2 sdm
9. Cabe rawit 9 buah
10. Cabe merah 5 buah
11. Penyedap rasa
12. Garam dan gula pasir

Cara Memasak Cumi Asam Manis

1. Pertama Anda bisa membersihkan cumi terlebih dahulu. Anda bisa membuang kantong yang berisi tentang hitamnya dan kemudian cuci cumi hingga bersih. Tiriskan terlebih dahulu agar kandungan air bekas pembersihan menghilang.
2. Sementara anda bisa menghaluskan bumbu halusnya terlebih dahulu. Sisihkan.
3. Selanjutnya Anda bisa menyiapkan minyak goreng ataupun margarin secukupnya. Panaskan terlebih dahulu untuk digunakan menumis nantinya.
4. Tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi ke dalam minyak ataupun margarin yang telah panas. Aduk-aduk hingga mengeluarkan aroma sedap.
5. Jika sudah tambahkan cumi dengan kecap dan saus tiram juga asam jawa secukupnya. Aduk kembali hingga merata bersama bumbu.
6. Selanjutnya Anda bisa menambahkan tepung maizena yang telah dicampur kan dengan air dan garam. Aduh kembali semua bumbu hingga merata.
7. Kecilkan kompor terlebih dahulu agar bumbu bisa meresap ke dalam cumi. Tunggu beberapa saat bumbu telah meresap kedalam cumi.
8. Hidangkan bersama nasi putih agar lebih lezat.

Cukup mudah bukan resep cumi asam manis? Contoh resep ini cukup mudah diaplikasikan terutama bagi Anda yang telah terbiasa memasak di rumah. Agar rasa cumi lebih lezat maka anda bisa menyantapnya saat masih hangat bersama keluarga tercinta anda. Jangan lupa untuk mencoba resep mie goreng jawa sederhana dan lezat spesial dari kita ya bun! dan cek juga resep - resep lezat lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Membuat Cumi Asam Manis Menggugah Selera"

Post a Comment